Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar dengan Baik dan Benar Secara Mandiri

Belajarlah tiap hari untuk mengulangi materi dan memperdalamnya

Pada perkuliahan, Anda sebenarnya lebih banyak belajar sendiri. Belajar pada saat tatap muka dengan dosen tidak akan cukup membuat Anda menjadi ahli pada bidang Anda. Jadi, Anda memang harus banyak belajar di luar jam kuliah Anda dan Anda akan banyak belajar secara mandiri karena memang itulah fenomena yang ada pada perkuliahan. Untuk belajar kelompok pun tidak akan bisa Anda sering-sering melakukannya karena yang namanya anak kuliah itu lebih bersifat individualis dengan kepentingan-kepentingan atau urusan-urusan individual mereka sehingga belajar secara mandiri adalah hal yang harus Anda lakukan secara rutin.

https://algofixs.blogspot.com/2017/11/tips-belajar-dengan-baik-dan-benar.html

Untuk menjadi ahli di bidang Anda maka belajarlah setiap hari untuk mengulangi materi di kelas, menambah materi dan pengetahuan dari sumber lain serta kegiatan lain yang bertujuan untuk memperdalam pengetahuan di bidang Anda tersebut. Carilah referensi lain dari pengembangan materi-materi kuliah Anda. Pahami konsepnya, kerjakan soal-soal yang berhubungan dengan bidang Anda, ketahui aplikasi dari teori yang diajarkan. Buatlah pertanyaan pada selembar atau beberapa lembar kertas terhadap hal-hal yang ingin Anda ketahui menyangkut bidang ilmu Anda untuk ditanyakan pada dosen Anda.

Tentukan dan tetapkan metode belajar Anda yang Anda sukai yang efektif dan efisien

Misalkan, pada waktu mempelajari materi di buku cetak atau catatan, Anda dapat menggarisbawahi bagian-bagian atau kalimat-kalimat yang penting dengan pena atau stabilo. Banyak orang menggunakan teknik ini untuk membantu dalam belajar dan terbukti cukup efektif.

Anda dapat juga mencatat dengan kertas buram tentang materi-materi, informasi, atau keterangan lain yang Anda dapat dari kuliah pada saat tatap muka dengan dosen, kemudian mencatatnya kembali di rumah di buku catatan Anda sekaligus mengulangi serta mempelajari materi yang didapat tersebut.
Tentukan jadwal belajar Anda yang efektif, apakah itu pagi, malam hari, atau dini hari menjelang subuh. Biasanya mahasiswa banyak yang belajar pada malam hari (tentunya karena pagi sampai sore ada jadwal kuliah) dan jarang yang belajar di saat dini hari. Tapi menurut pengamatan saya, belajar pada waktu menjelang subuh merupakan metode yang bagus untuk dilaksanakan karena di waktu tersebut suasananya sangat tenang, jadi lebih mudah untuk berkonsentrasi. Kendala yang ada pada saat belajar di waktu dini hari ini adalah rasa kantuk yang masih ada. Jadi, perlu suatu tekad yang besar juga untuk menghilangkan rasa kantuk ini.

Ada suatu hal yang cukup penting untuk diketahui, bahwa belajar dengan tingkat konsentrasi yang tinggi selama satu jam adalah lebih efektif bila dibandingkan dengan belajar dengan tingkat konsentrasi rendah selama tiga jam. Jadi, carilah waktu-waktu efektif untuk belajar.

Saya pernah mengalami di tempat kos saya di mana suara begitu ributnya pada pukul tujuh sampai sembilan malam. Suara itu bersumber dari suara musik yang keras, orang-orang ngobrol dan lainnya. Saya mencari solusi atas masalah ini dan waktu itu saya mendapatkan solusinya yaitu dengan cara saya tidur dari pukul tujuh sampai sembilan malam dengan menyetel alarm, kemudian dari pukul sembilan sampai sekitar pukul satu dini hari saya belajar dengan suasana yang lebih tenang.

Temukan solusi dari segala permasalahan Anda yang berhubungan dengan belajar. Carilah solusi dan metode yang efektif dan efisien guna kesuksesan perkuliahan Anda.

1 comment for "Tips Belajar dengan Baik dan Benar Secara Mandiri"